Penggunaan SUM Pada Excel


Pada Pembelajaran Microsoft Office Excel kali ini adalah tentang penggunaan SUM Pada Excel. SUM dalam bahasa indonesia adalah Penjumlahan. Untuk tahu lebih jelasnya silahkan lihat contoh penggunaan SUM dibawah ini.

Type 1 (SUM Manual)
Buatlah Contoh Data Excel seperti gambar dibawah ini :

Untuk penggunan SUM Manual, contoh pada Sel B3 kita masukan Formula =5+3 (kemudian tekan ENTER. Maka hasilnya adalah Penjumlahan 5+3 = 8

Kemudian pada Sel C5, kita masukan Formula =C3+C4 (kemudian tekan ENTER)
Dengan formula diatas, maka akan muncul penjumlahan 5+6 = 11 



Type 2 (Auto SUM)
Buatlah Data Excel seperti gambar dibawah ini :


Untuk menggunakan Auto SUM atau SUM otomatis, anda bisa menggunakanya dengan Klik Pada Sel D8
Klik Home - Auto Sum - Kemudian Tekan ENTER

Maka hasilnya akan memberikan Total secara Otomatis

Type 2 (SUM Dengan Formula)
Pada Type ini kita akan memasukan sum dengan Formula.
Rumus Dasarnya adalah =SUM(Sel1:Sel2)'



Bagaimana sangat mudah kan???



Top