Belajar Laporan Keuangan Sederhana Pada Microsoft Office Excel 2010

PENGERTIAN
Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang cukup bagus.

Image result for excell
Dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS.

RUMUS FUNGSI UMUM
  • HLOOKUP
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil data dari suatu induk secara horisontal.
    Contoh: HLOOKUP(C6;$N$14:$O$17;2;FALSE)
  • VLOOKUP
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil data dari suatu induk secara vertikal.
    Contoh: VLOOKUP(C6;$N$14:$O$17;2;FALSE)
  • SUM
    Fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan beberapa cell atau range
    Contoh: SUM(C7:F1)
  • MIN
    Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu cell atau range
    Contoh: MIN(X1:Z1)
  • AVERAGE
    Fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu cell atau range.
    Contoh: AVERAGE(X1:Z1)
  • COUNT
    Fungsi ini digunakan untuk mengitung jumlah total cell atau range.
    Contoh: COUNT(X1:Z1)
  • MAX
    Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada suatu cell atau range.
    Contoh: MAX(X1:Z1)
  • MID
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter yang terdapat di tengah-tengah.
    Contoh: MID(“ST3Telkom”;4;6)
  • LEFT
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter yang dimulai dari sebelah kiri.
    Contoh: LEFT(“ST3Telkom”,3)
  • RIGHT
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter yang dimulai dari sebelah kanan.
    Contoh: RIGHT(“ST3Telkom”,6);
  • IF
    Fungsi yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan, dimana salah satu bernilai salah dan bernilai benar.
    Contoh: IF(Z1=90,”A”,IF(Z1=50,”C”))

CONTOH LAPORAN KEUANGAN
  1. Buatlah spreadsheet di Microsoft Office Excel seperti gambar dibawah ini :1
  1. Pertama, kita akan mencari Kelas, yaitu Kelas diambil dari karakter pertama kode kamar. Maka kita akan menggunakan rumus LEFT untuk mengambil karakter pertama dari kiri, dan VLOOKUP untuk mengambil data dari tabel Kelas secara vertikal. Klik pada cell F6 lalu tuliskan “=VLOOKUP(LEFT(C6;1);$N$8:$P$10;2;FALSE)”. Pencet tombol Enter lalu drag hingga kebawah pada pojok kanan bawah .2
  1. Kemudian kita akan mencari Ruang. Yaitu karakter pertama dari kanan. Dengan begitu kita akan menggunakan rumus RIGHT dan juga VLOOKUP untuk mengambil data dari tabel Ruang. Tuliskan “=VLOOKUP(RIGHT(C6;1);$N$14:$O$17;2;FALSE)” pada cell G6 lalu Enter. Kemudian drag pada pojok kanan bawah hingga ke akhir.3
  1. Kemudian kita cari Tahun Bangunan, diambil dari digit angka yang ada di kode kamar. Maka dari itu kita gunakan rumus MID, karena digit angka tersebut berada di tengah. Klik cell H6 dan tuliskan “=MID(C6;2;3)”. Tekan Enter lalu drag kebawah4
  1. Selanjutnya kita cari Lama Menginap. Untuk lama menginap yaitu Tanggal Cek Out dikurangi Tanggal Cek In. Maka pada cell I6 tuliskan rumus “=E6-D6”. Tekan Enter dan drag kebawah.5
  2. Kemudian cari Tarif Yang Dibayar, yaitu Tarif per hari dikali lama menginap. Maka pada cell J6 tuliskan rumus “=VLOOKUP(LEFT(C6;1);$N$8:$P$10;3;FALSE)*I6”. Tekan Enter lalu drag ke bawah.6
  1. Selanjutnya kita cari Pajak yaitu 10% dikali Tarif Yang Dibayar. Maka pada cell K6 tuliskan rumus “=10%*J6”. Tekan Enter lalu drag ke bawah.7
  2. Kemudian kita cari Total Bayar, yaitu Tarif Yang di Bayar ditambah Pajak 10%. Maka pada cell L6 tuliskan rumus “=J6+K6”. Tekan Enter lalu drag ke bawah.8
  1. Terakhir, kita mencari Total Pendapatan, yaitu semua Total Bayar dijumlahkan. Yaitu menggunakan rumus Pada cell L16 tuliskan rumus “=SUM(L6:L15)”. Tekan Enter.9




Top